Menu Tutup

Pemasangan Bio Septic Tank untuk Kawasan Apartemen

Bio septic tank adalah salah satu varian septic tank yang populer di masyarakat saat ini. Septic tank satu ini memiliki keuntungan bentuk yang lebih bervariasi dan dapat dibawa kemana-mana (portable) sehingga memungkinkan pemasangan bio septic tank untuk apartemen dan lainnya yang lebih fleksibel. Selain itu, septic tank dengan teknologi mikrobiologi mutakhir ini mampu memaksimalkan proses penyaringan dan pemurnian air.

Septic tank biologis dapat dipasang di berbagai bangunan seperti rumah, kompleks perumahan, rumah sakit, hingga apartemen. Karena bentuknya yang lebih ramping dan bervariasi, Anda dapat membeli satu yang sesuai dengan bentuk bangunan Anda. Bagaimana jika Anda ingin memasang di apartemen? Simak penjelasan tata caranya dalam artikel berikut.

pemasangan bio septic tank
Bio Septic Tank 5000 Liter Jasa Rama Fiberglass.

Pasang Septic Tank Biologis di Apartemen

Kawasan apartemen adalah kawasan yang dipadati oleh bangunan-bangunan yang juga dipadatkan ke arah vertikal (atas), dilihat dari strukturnya yang tinggi dan berlantai banyak. Membangun septic tank di lingkungan ini pun merupakan pekerjaan yang cukup menantang karena padatnya pemukiman.

Produk Lainnya:  Katalog Septic Tank Biofil Dengan Harga Murah

Berikut ini beberapa kiat yang dapat Anda terapkan untuk memasang septic tank biologis ini di apartemen Anda.

  1. Perhatikan lokasi sumur

Dalam tata cara standar pemasangan bio septic tank, Anda wajib memperhatikan lokasi sumur yang digunakan sebagai sumber air apartemen Anda. Hal ini wajib dilakukan untuk mengurangi kemungkinan kebocoran septic tank biologis dan menyebabkan air limbah masuk ke cadangan air bersih Anda.

Walau banyak merek yang mengklaim keamanan produknya, tetap saja Anda harus berjaga jaga akan kemungkinan terburuk. Ambil jarak minimal sepuluh meter dari sumur sumber mata air apartemen Anda.

  1. Set lokasi pemasangan

Walau dapat digunakan di atas tanah, ada baiknya Anda tetap mengubur bio septic tank Anda di dalam tanah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko terpapar bocoran, tumpahan, atau bau yang menyebar dari septic tank tersebut, terutama jika tidak dipasang dengan benar.

Untuk menguburnya, galilah tanah dengan ukuran lebih tinggi sedikit daripada septic tank biologis Anda. Sesuaikan kedalamannya dengan saluran pipa WC Anda agar memudahkan pergerakan limbah dari toilet menuju septic tank ini.

Produk Lainnya:  Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Bio Septic Tank

Sebelum memasukkan septic tank, alasi lubang dengan pasir halus untuk menyamankan dan menyangga posisi septic tank sehingga tangki tersebut dapat berdiri dengan tegak.

  1. Tata Cara Menutup Septic Tank Biologis

Yang harus diperhatikan dalam memasang tangki biologis adalah menyediakan aerasi atau aliran udara yang cukup bagi bakteri, walaupun bakteri yang berperan bukanlah tipikal bakteri yang membutuhkan banyak oksigen (aerob). Bakteri yang ada pada sistem ini adalah bakteri fakultatif anaerob.

Bakteri fakultatif anaerob adalah bakteri yang membutuhkan sedikit sekali oksigen untuk pernapasannya. Maka sebaiknya Anda beri sedikit ventilasi pada septic tank biologis ini. Tutup atasnya dengan beton bertulang untuk mencegah kebocoran.

pemasangan bio septic tank

Demikian cara memasang bio septic tank pada apartemen. Selamat mencoba dan merawat septic tank biologis Anda! Semoga bermanfaat.

CS1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Silahkan Hubungi Customer Support Kami Untuk Informasi Harga dan Ketersedian Stok.
Powered by