Menu Tutup

Cara Kerja Tangki Bio Septik dan Tips Merawatnya

Bio septic tank adalah sistem terbaru dalam pengolahan limbah dari kotoran manusia agar lebih tidak mencemari lingkungan. Jika masih menggunakan septic tank konvensional yang dibuat dari batu bata kemungkinan besar hasil pembuangan limbahnya masih akan mencemari tanah. Akibatnya air dalam tanah pada tempat tersebut akan mengandung bakteri, kuman, mikroba dan sejenisnya yang akan mengganggu kesehatan. Berbeda dengan cara kerja tangki bio septik, anda akan dibuat kagum oleh sistem yang dimilikinya.

Itulah mengapa sebabnya dibutuhkan sebuah sistem pengolahan limbah modern yang lebih ramah terhadap lingkungan. Dan septic tank bio adalah jawabannya karena dengan proses yang dilakukannya limbah manusia akan diubah menjadi cairan jernih yang tidak mencemari lingkungan terutama tanah di tempat tersebut. Sehingga keuntungan jangka panjang yang bisa diperoleh adalah air tanah yang lebih berkualitas dan lebih layak untuk dikonsumsi.

Bagaimana bio septic tank system bisa membuat limbah kotoran menjadi air yang jernih dan ramah lingkungan? Beginilah kurang lebih gambaran cara kerjanya.

Produk Lainnya:  Media Pertumbuhan Bakteri Pengurai dalam Bio Septic Tank
cara kerja tangki bio septik
Cara Kerja Tangki Bio Septik, Jasa Rama Fiberglass.

Cara Kerja Tangki Bio Septik

Bagian Pertama Cara Kerja Tangki Bio Septik – Filter Awal

Cara kerja septic tank bio tidak bisa dipisahkan dari bagian pertama pada alat tersebut. Bagian pertama dari sistem pengolahan limbah kotoran ini berupa saringan atau filter yang memisahkan kotoran yang padat dengan cairannya. Ini akan membuat kotoran yang berasal dari BAB manusia tersebut akan terpisah secara sempurna dimana yang padat akan mengendap dengan baik.

Bagian Kedua – Filter Air

Setelah kotoran padat dan cairan terpisah maka kerja selanjutnya pada bio septic tank terletak pada filter airnya. Di dalam filter air kotor tersebut terdapat semacam bola-bola atau bioball. Alat inilah yang nantinya akan mempengaruhi hasil akhir dari pembuangan septic tank bio berupa air yang warnanya jernih dan tidak mencemari lingkungan.

Bagian Ketiga – Filter Pengurai Bakteri

Proses kerja selanjutnya dari sistem septic tank bio dalam mengolah limbah kotoran adalah bagian ketiga. Pada bagian ini terdapat saringan atau filter yang tugasnya untuk menguraikan bakteri agar tidak mencemari tanah dan lingkungan. Dalam filter pengurai tersebut dimasukkan semacam tablet bakteri konsentrat secara rutin dan berkala.

Produk Lainnya:  Desain Toilet Portable Fiberglass

Tujuan dari pemberian tablet konsentrat bakteri tersebut agar proses penguraian kotoran bisa berlangsung secara aktif. Bakteri akan menguraikan kotoran yang padat dan yag cair secara terus menerus sehingga isi septic tank tidak perlu dikuras seperti pada septic tank yang manual atau konvensional.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan tablet bakteri konsentrat yang dimasukkan ke dalam bio septic tank tersebut, yaitu :

▪ Isikan konsentrat sesuai dengan aturan yang dijelaskan pada kemasan.

▪ Jauhkan konsentrat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan di rumah.

▪ Segera cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir hingga bersih setelah selesai memegang atau memasukkan tablet konsentrat bakteri tersebut.

Itulah sekilas tentang cara kerja septic tank bio dalam menghasilkan limbah yang ramah pada lingkungan. Semoga bermanfaat.

CS1 CS2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Silahkan Hubungi Customer Support Kami Untuk Informasi Harga dan Ketersedian Stok.
Powered by