Menu Tutup

Merawat Bio Septic Tank yang Perlu Diketahui

Bio septic tank merupakan salah satu kebutuhan utama dalam pemenuhan kesehatan kamar mandi dalam sebuah hunian. Fungsinya begitu bermanfaat sehingga harus selalu dirawat agar tidak cepat rusak atau aus di makan zaman. Sebenarnya, septic tank bio tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun, sebagai penghuni rumah yang baik dan sadar akan kepentingan merawat bio septic tank, maka perawatan-perawatan kecil juga perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar septic tank bio tetap bekerja secara maksimal dalam pengolahan limbah.

merawat bio septic tank
Bio Septic Tank 800 Liter, Jasa Rama Fiberglass.

Merawat Bio Septic Tank Agar Bekerja Secara Maksimal

Berikut ini beberapa cara atau tips perawatan sederhana yang perlu diketahui oleh penghuni rumah, antara lain:

  1. Jangan Memasukkan Benda yang Tidak Bisa Terurai

Untuk menjaga fungsi septic tank bio tetap bekerja secara maksimal, usahakan untuk tidak atau bahkan jangan pernah memasukkan benda yang tidak bisa diuraikan oleh bakteri pengurai. Benda tersebut contohnya seperti pampers, kertas, plastik, puntung rokok dan benda lainnya.

  1. Jangan Berlebihan Menggunakan Cairan Pembersih Kloset

Cairan pembersih kloset atau WC memang diperlukan untuk menjaga kloset tetap bersih dan wangi. Namun, pemakaian cairan pembersih ini tidak boleh terlalu berlebihan karena dapat membunuh bio bakteri yang ada pada septic tank bio. Gunakan sewajarnya saja dan jangan terlalu berlebihan.

  1. Lakukan Flashing Secukupnya

Setelah selesai menggunakan kloset atau WC, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah flashing atau menyiram mulut kloset atau WC agar bersih kembali. Nah, proses flashing itu sendiri juga perlu diperhatikan dan disarankan untuk tidak terlalu berlebihan menyiram air ke dalam mulut kloset atau WC. Hal ini dikarenakan jika air yang masuk ke dalam bio septic tank terlalu banyak atau overload, maka proses penguraian oleh bakteri di dalamnya menjadi kurang maksimal.

  1. Tambahkan Bio Bakteri Secara Berkala

Untuk memaksimalkan fungsi bakteri pengurai yang ada di dalam septic tank, lakukan penambahan bio bakteri secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar bakteri bio tetap banyak dan berkembang biak secara terus-menerus. Caranya bisa disiramkan melalui mulut kloset atau WC dan dilakukan dalam jangka satu tahun sekali.

  1. Tambahkan Juga Tablet Disinfektan Secara Berkala

Selain bio bakteri, perlu juga ditambahkan tablet disinfektan secara berkala yaitu satu tahun sekali. Caranya juga masih sama yaitu dengan disiramkan melalui mulut kloset atau WC. Hal ini dilakukan agar kondisi air buangan di dalam septic tank tetap ramah lingkungan dan bebas dari bakteri patogen.

Produk Lainnya:  Harga Bio Septic Tank 2019 Kapasitas 500 s/d 2000 Liter

Nah, itulah kelima tips yang bisa dilakukan untuk merawat bio septic tank agar selalu bekerja secara maksimal. Perawatan tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang mahal karena hanya perlu dilakukan satu tahun sekali dengan biaya sekitar 50 ribu rupiah.

CS1 CS2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Silahkan Hubungi Customer Support Kami Untuk Informasi Harga dan Ketersedian Stok.
Powered by