Menu Tutup

Intip Proses Biologis dalam Sebuah Bio septic tank

Sebagai suatu instalasi pengolahan limbah biologis, bio septic tank memiliki berbagai proses biologis yang dilakoni oleh beragam jenis mikroorganisme. Proses biologis ini akan menjadi inti utama dari keseluruhan fungsi sistem septic tank biologis. Secara garis besar, proses ini melibatkan penguraian dan penyerapan zat-zat yang terlarut dalam limbah.

Pelakon dari masing-masing proses ini adalah anggota kerajaan mikroba. Mulai dari bakteri pengurai, protozoa yang berfungsi untuk menyeimbangkan ekosistem, hingga produsen energi seperti alga. Agar Anda lebih memahami dan bijak dalam merawat septic tank biologis, pelajari proses biologisnya melalui informasi yang tersedia dalam artikel di bawah ini.

proses biologis bio septic tank
Cara Kerja Bio Septic Tank

Proses biologis Bio septic tank

Proses biologis pada septic tank biasanya berkisar pada proses alami yang ada di antara mikroorganisme pengurai. Mikroorganisme jenis ini merupakan makhluk hidup yang memperoleh makanan dengan menguraikan sisa-sisa limbah domestik seperti kotoran dan air seni dan memungkinkan air yang telah tersaring masuk kembali ke badan air. Berikut informasi lebih detail mengenai proses tersebut.

  1. Pencernaan anaerobik

Pencernaan anaerobik bermakna proses pemecahan kotoran menjadi molekul yang lebih sederhana yang dilakukan dalam lingkungan minim oksigen. Anaerobik mengacu pada kondisi kurang oksigen. Proses ini dilakukan oleh bakteri pengurai seperti Bacillus dan Pseudomonas.

Produk Lainnya:  Jual Bio Septic Tank Berkualitas dan Harga Terjangkau

 

Pada mulanya, air limbah mentah yang belum diolah akan memasuki sistem septic tank. Air limbah akan disambut oleh biofilter yang berbentuk seperti honeycomb atau bio ball. Struktur saringan ini akan memisahkan padatan dan cairan. Padatan akan terperangkap sementara cairan akan masuk ke bagian sistem selanjutnya.

Pada biofilter, bakteri akan merubungi kotoran dan mulai mengeluarkan enzim-enzim pencernaan khas bakteri tersebut. Ada yang mengeluarkan amilase untuk mencerna berbagai tipe karbohidrat yang tersedia. Ada yang mengeluarkan proteinase dan nitrogenase untuk mengurai turunan protein dan nitrogen. Ada yang mengeluarkan lipase untuk mengurai lemak.

 

Hasil penguraian ini adalah molekul metana, karbondioksida, hidrogen, dan amonia. Proses penguraian ini efektif memperkecil ukuran padatan dalam sludge limbah. Limbah Anda berhasil dikonversi menjadi molekul organik kecil yang akan masuk ke wilayah resapan dan penyaringan agar menjadi nutrien alami.

 

  1. Penyaringan

Terdapat elemen biological mat dalam sebuah bio septic tank. Elemen ini berfungsi untuk menyaring air lebih jauh agar air bersih dapat masuk ke dalam badan air. Tentu saja, elemen ini harus rajin dibersihkan secara berkala agar tetap dapat difungsikan dengan normal.

Produk Lainnya:  Jual Bio Septic Tank Dengan Kualitas Terbaik dan Terpercaya

 

Demikian dua proses biologis yang terjadi secara garis besar di dalam sebuah bio septic tank. Dengan mengetahui lebih banyak informasi mengenai proses di dalam suatu sistem, Anda akan lebih bijak menjaga kondisi sistem tersebut. Buanglah limbah Anda dengan lebih bijak.

CS1 CS2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Silahkan Hubungi Customer Support Kami Untuk Informasi Harga dan Ketersedian Stok.
Powered by