Menu Tutup

Berkenalan dengan Kerajaan Mikroba Bio Septic Tank

Jika Anda menemukan lingkungan dengan karakteristik lembab, kaya nutrisi walaupun berasal dari limbah, dan memiliki aliran air, dipastikan terdapat sebuah “Kerajaan” mikroba di sana. Begitu pula pada bio septic tank Anda, dan bahkan kerajaan mikroba menjadi fitur unggulan dari produk septic tank satu ini.

Untuk memudahkan perawatan dari septik tank biologis ini, maka sebaiknya Anda mencari tahu tentang kemungkinan mikroba apa saja yang terkandung di dalam filter septik tank tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda melakukan perawatan filter pemisah air bersih dan sludge limbah. Berikut ini daftar mikroba yang mungkin ada dalam filter septic tank Anda. 

mikroba bio septic tank
Sistem Kerja Bio Septic Tank

Mikroba Bio Septic Tank

Mikroba mengacu pada keragaman organisme renik, baik yang bersifat jahat dan merugikan maupun yang menguntungkan. Jenis-jenis mikroba adalah bakteri, jamur, alga, protozoa dan lain-lain. Apa saja mikroba yang terkandung dalam filter septic tank biologi Anda?

  1. Bakteri

Bakteri adalah mikroba yang menyusun sebagian besar mikroba septik tank biologis. Bakteri memiliki ciri yang sangat membedakannya dari mikroba lainnya: bersel tunggal dan berukuran sangat kecil. Dalam skala mikroskopis, organisme ini tidak memiliki selaput inti sel.

Produk Lainnya:  Harga Septic Tank Fiberglass vs Septic Tank Konvensional

Bakteri yang terkandung dalam sistem ini adalah jenis Bacillus dan Pseudomonas. Kedua bakteri ini berperan besar dalam menguraikan limbah kotoran rumah tangga yang kaya kadar nitrogen karena kedua bakteri ini mengambil nutrien berupa nitrogen.

  1. Jamur

Jamur memiliki bentuk yang lebih besar dan memiliki helaian rambut halus untuk menghubungkan antar koloni jamur. Dalam kerajaan mikroba septic tank terdapat ragi dan jamur lendir. Fungsinya menguraikan protein, karbohidrat, dan nitrogen terlarut.

  1. Protozoa

Protozoa adalah hewan tingkat rendah yang mengonsumsi nutrien dari alam seperti nitogen dan sulfur. Mikroba ini bergerak secara aktif dibandingkan mikroba lainnya yang cenderung pasif mengalir di air. Ada beberapa tipe protozoa septic tank seperti amuba.

  1. Rotifera

Rotifera adalah hewan tingkat rendah yang berfungsi sebagai detritivor atau pemakan zat sisa. Rotifera secara efektif melakukan penguraian pada butiran kotoran dan jasad makhluk hidup mikroskopis dan makroskopis. Keberadaannya berfungsi menyeimbangkan ekosistem septik tank.

  1. Nematoda

Walaupun anggota kelompok ini adalah cacing gilig pencernaan yang ikut dalam limbah kotoran, ukuran cacing ini begitu kecil sehingga dikategorikan mikroba. Ada sekitar ribuan spesies cacing yang mungkin ada di dalam bio septic tank Anda.

  1. Alga

Alga adalah mikroba mirip tumbuhan yang berfungsi sebagai produsen dalam ekosistem septik tank Anda. Selain menyediakan variasi makanan bagi bakteri, protozoa, dan rotifera, organisme ini membantu menyeimbangkan ekosistem kerajaan septik tank biologis Anda.

Produk Lainnya:  Inovasi Septic Tank yang Baik, Bio Septic Tank

Demikian enam anggota kerajaan mikroba dalam bio septic tank Anda. Buanglah limbah dengan bijak karena keberhasilan kerja septik tank Anda bergantung pada kehidupan mikroorganisme tersebut. Jangan lupa cek kualitas septik tank secara berkala agar jumlah mikroba tetap terkontrol dan tidak berkurang sehingga aliran kerja septik tank Anda lancar.

CS1 CS2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Silahkan Hubungi Customer Support Kami Untuk Informasi Harga dan Ketersedian Stok.
Powered by