Menu Tutup

Ukuran Septic Tank Ideal yang Aman Bagi Lingkungan

Ukuran septic tank harus diperhatikan ketika membuat septic tank yang aman bagi lingkungan. Lalu, berapa ukuran septic tank ideal yang direkomendasikan? Simak penjelasan Jasa Rama Fiberglass mengenai hal ini.

Ukuran Bio Septic Tank yang Direkomendasikan

Dalam pembuatan septic tank rumah, ukuran septic tank ideal disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang menghuni rumah tersebut. Semakin banyak orang yang menghuni rumah tersebut, maka semakin besar ukuran septic tank yang dibutuhkan. Hal ini berlaku baik untuk septic tank biasa maupun septic tank berteknologi biotech. 

Untuk ukuran septic tank berteknologi biotech, umumnya terdiri dari beberapa pilihan ukuran septic tank ideal mulai dari 500L, 800L, 1000L, 1200L dan 5000L. Apabila dalam satu rumah dihuni oleh 4 orang, bisa menggunakan septic tank biotech berkapasitas 500 liter. Sepanjang pemasangan dan penggunaannya sesuai kapasitasnya, maka septic tank tak mudah mampet maupun penuh.

ukuran septic tank ideal
Bio Septic Tank Ukuran 500 Liter

 

 

Ukuran Septic Tank ideal Biasa yang Direkomendasikan

Berbeda dengan septic tank biotech, septic tank biasa membutuhkan bak resapan agar bisa berfungsi maksimal. Untuk rumah berpenghuni 4 orang, ukuran septic tank ideal sekitar 1,5m x 1,5m x 2m. Septic tank dengan ukuran tersebut membutuhkan bak resapan dengan ukuran 1m x 1m x 2m. 

Sedangkan untuk rumah berpenghuni 5 orang, setidaknya membutuhkan ruang ambang batas bebas 0,4 m3, volume ruang basah 1,2 m3 dan ruang lumpur 0,45 m3. Dimensi septic tank yang direkomendasikan panjangnya 1,6 m, lebar 0,8 m dan tinggi 1,6 m. Septic tank ideal ini bisa bertahan hingga 3 tahun tanpa perlu melakukan pengurasan apabila dipergunakan sesuai kapasitasnya. Namun, penyedotan secara rutin juga bisa dilakukan agar septic tank tak terlalu penuh sehingga mencemari sumber air di sekitarnya. 

Konstruksi Septic Tank yang Aman Bagi Lingkungan

Pembangunan konstruksi septic tank yang aman dan baik merupakan kewajiban setiap pemilik bangunan, baik hunian pribadi, apartemen, hotel, perkantoran, gedung pertemuan dan bangunan lainnya. Pembangunan fasilitas pembuangan limbah cair domestik pun harus memenuhi standar kesehatan lingkungan dan ukuran septic tank yang sudah ditentukan. Hal ini agar masyarakat terhindar dari dampak negatif septic tank tersebut. 

Ada dua model septic tank konvensional yang biasa dipakai masyarakat yakni septic tank terbuka dan tertutup. Konstruksi septic tank bisa ditempatkan di bagian belakang maupun depan rumah yang jauh dari sumber air. Konstruksi septic tank biasa dibangun di bawah tanah kemudian ditutupi dengan rerumputan atau beton sehingga tak begitu terlihat mencolok.

Untuk septic tank terbuka bagian bak limbah padatnya ditutup menggunakan cor beton. Sedangkan untuk bak penampungan air limbah yang juga berfungsi sebagai ruang peresapan tak ditutup melainkan dibiarkan terbuka. Untuk septic tank model tertutup baik bak peresapan maupun penampungan kotoran ditutup menggunakan cor beton bertulang. Sepanjang kedua model septic tank konvensional ini dibuat sesuai ukuran septic tank ideal dan dipergunakan tak melebihi kapasitasnya, maka masa pakainya pun bisa cukup lama.

CS1 CS2
Produk Lainnya:  Ukuran Bio Septic Tank Untuk Bangunan Perumahan dan Perkantoran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 9 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Silahkan Hubungi Customer Support Kami Untuk Informasi Harga dan Ketersedian Stok.
Powered by